MEMASUKI TAHUNke-16 penyelenggaraannya, Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) menambah program bagi para pelaku industri dengan mengadakan Jakarta Brand Festival (JBF) 2019.
JBF adalah program inisiasi hasil kerjasama Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) dengan PT Gambaran Kasih Indonesia (gambaranbrand) atas kesamaan visi misi membuat program kegiatan mengembangkan brand lokal Indonesia secara konkret, khususnya bidang fesyen dan kuliner, agar dapat semakin besar dan bertahan di industrinya masing-masing.
Brand-brand lokal yang bertahan akan menjadi sebuah aset nasional yang berharga, serta menciptakan suasana ekonomi bagi Indonesia yang semakin baik.
“Kehadiran JFFF selama lebih dari 1½ dekade telah menjadi sebuah ajang yang konsisten untuk terus melestarikan serta mengembangkan nilai budaya dan kekuatan perekonomian Indonesia melalui industri mode dan kuliner yang berbasis budaya. Oleh karena, itu kami pikir sudah waktunya menambah program lagi di JFFF. Program yang dapat mengakselerasi performa bisnis brand-brand lokal kita secara konkret”, ujar Chairman JFFF, Soegianto Nagaria.
Sebagai tahap awal JBF, diadakanlah ‘Program Akselerator’ yaitu program mentoring untuk brand lokal (Mentee) terpilih dengan metode one on one bersama para Mentor yang merupakan jajaran profesional dengan pengalaman kurang lebih 15 tahun dari 6 disiplin ilmu yang berbeda. Disiplin ilmu tersebut adalah Strategy, HR/Organization, Sales/Marketing (offline & online), Operation/Supply Chain, Product/Service, dan Finance.
Periode bulan Januari - Februari 2019 lalu telah dibuka secara umum pendaftaran bagi para calon Mentee/Brand yang ingin mengikuti ‘Program Akselerator’ JBF 2019. Persyaratan Mentee yaitu brand lokal yang telah memiliki badan usaha dan sudah berdiri minimal 3 tahun, berdomisili di JaBoDeTaBek, memiliki produk/jasa sendiri dan tidak berafiliasi dengan franchise, partai politik, atau kerjasama bisnis lainnya, memiliki organisasi beranggota minimal 5 orang, serta memiliki bukti laporan keuangan sederhana.
Dari kurang lebih 100 pendaftar, panitia kemudian mengkurasi dan memilih 20 Mentee untuk mengikuti tahap selanjutnya yakni Kick-Off Meeting antara Mentor dan Mentee pada hari Kamis, 28 Februari 2019 di Harris Hotel & Conventions Kelapa Gading.
Setiap Mentee/Brand mengikutsertakan 2 orang yang terdiri dari 1 orang Owner dan 1 orang Manager/Supervisor. Dalam pertemuan tersebut, selain briefing serta perkenalan antara Mentor dengan Mentee, dilakukan juga tahap seleksi selanjutnya melalui wawancara Mentor dengan Mentee untuk dipilih 10 Mentee yang berhak mengikut kegiatan mentoring.
Selanjutnya 10 Mentee/Brand terpilih tersebut berhak mengikuti program mentoring untuk meningkatkan performa bisnis mereka dengan mendapatkan pendampingan oleh Mentor dari 6 disiplin ilmu selama 4x pertemuan dalam periode waktu 4 bulan.
Melalui program mentoring, maka para Mentee akan mendapatkan evaluasi dan masukan langsung dari sosok pelaku industri terpandang yang kapabel memberikan motivasi serta arahan secara jelas sebagai Mentor.
Tak hanya itu, pada akhir ‘Program Akselerator’ JBF 2019 para Mentee terpilih juga mendapatkan kesempatan menjadi salah satu tenant peserta dalam event akbar Jakarta Fashion & Food Festival 2019.
JFFF merupakan perayaan akbar tahunan yang diselenggarakan sejak 2004 oleh Summarecon dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta serta didukung pula oleh Kementerian Pariwisata RI dan Badan Ekonomi Kreatif RI.
https://ift.tt/2IGcUTx
February 28, 2019 at 05:35PM
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Jakarta Brand Festival 2019 ‘Program Konkret untuk Mengembangkan Brand Lokal Indonesia’"
Post a Comment